Sejumlah Pelaksana Akademik IAIN Sultan Amai Gorontalo Resmi Dilantik.

LPM HUMANIKA - Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo bersama beberapa perangkat akademik yang dilantik di aula Rektorat. Senin, 13 Desember 2021. Foto : Arman.


LPM HUMANIKA - Sekitar 85 anggota pelaksana akademik perangkat rektor masa jabatan 2021-2025, resmi dilantik oleh Zulkarnain Suleman, Rektor Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo (IAIN SAG) di Aula Rektorat IAIN  SAG. Senin, (13/12/2021).

Zulkarnain dalam sambutannya menyampaikan, bahwa seluruh perangkat yang bertugas diharapkan tetap menjaga integritas dan tanggung jawabnya demi tercapainya peralihan menuju Universitas Islam Negeri (UIN). 

"Saudara saudara hadir di sini karena integritas saudara. Saudara saya lantik karena kemampuan saudara, baik di bidang akademik maupun di bidang manajerial. Oleh karena itu, kepercayaan yang saya pantau kepada saudara-saudara, saya mohon untuk dijaga dengan sebaik-baiknya. Agar kita dapat  melayani IAIN menuju ke UIN," cetusnya. 

Di satu sisi, pelayanan terhadap mahasiswa juga ia tekankan untuk perlu diperhatikan dan tidak diskriminatif. 

"Bahkan lebih dari itu, kita harus melayani mahasiswa dengan sebaik-baiknya. saya tidak mau dengan pelayanan kita mahasiswa mengeluh, saya tidak mau karena diskriminasi para pemimpin mengakibatkan mahasiswa dikecewakan," cetusnya lagi. 

Menurut Zulkarnain, ia akan memberikan penghargaan kepada pihak yang mampu meningkatkan akreditasi di masing-masing jurusan dan fakultas. 

"Saya akan memberikan reward (baca: penghargaan) kepada saudara-saudara yang berhasil menghantarkan program studinya menuju akreditas A.  Saya akan memberikan reward umroh kepada  Kaprodi (Kepala program studi) dan Sek prodinya apabila mendapatkan akreditas A. Sedangkan untuk  Dekan (Kepala fakultas) akan saya berikan penghargaan tersendiri dengan mempertahankan jabatannya," ujarnya. 

"Tapi ingat, saya pun akan memberikan sinisme kalau 2 tahun ke depan, tidak ada di fakultas tersebut yang berakreditasi A. Saya minta Dekan secara legowo, bertanggung jawab untuk mundur dari jabatanya. Saya tidak ingin main main dari awal saya sampaikan bahwa saya memiliki manejemen sendiri untuk memimpin sebuah organisasi. Oleh karena itu atas hal ini saya mohon maaf kalau metode model kepemimpinan saya jauh berbeda dari  pemimpin sebelumnya," sentilnya. 

Secara terpisah, Lahaji selaku mantan rektor IAIN SAG berharap kepada para perangkat akademik yang dilantik agar bisa membantu rektor ke depan untuk memajukan kampus, dan bisa betul-betul menjalankan amanah yang tengah dipikul.
 
“Saya berharap bahwa seluruh perangkat yang dilantik itu bisa membantu pak rektor ke depan untuk memajukan kampus. Semoga yang dilantik betul-betul melaksanakan amanah yang diberi tugas oleh rektor. Program-program yang menjadi visi-misi rektor bisa dibantu, kebijakan-kebijakannya bisa diteruskan. Supaya betul-betul lembaga kita bisa bersaing dengan perguruan tinggi yang ada di kementerian agama PTKIN dan bisa bersaing dengan perguruan tinggi yang ada di Gorontalo dan  perguruan tinggi umum pada tingkat daerah maupun nasional." Pungkasnya. 

Reporter : Arman dan Astuti
Editor : Annisa

Komentar