Mahasiswa Semester Tiga PBI Sukses gelar Event Tahunannya


Foto bersama panitia penyelenggara festival budaya, di Taman Budaya Limboto. Foto: Arman Suna

LPM HUMANIKA IAIN GORONTALO- Sabtu (18/01/20) Mahasiswa semester tiga jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Intitut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo (IAIN SAG) menggelar festival kebudayaan atau Cross Cultura Understanding (CCU) di Taman Budaya Limboto.

Festival ini merupakan kegiatan tahunan jurusan PBI IAIN Gorontalo. Memasuki tahun ke-tiganya, program CCU ini mulai menarik perhatian banyak masyarakat. Dengan bertemakan “Jelajah dunia dari negeri adat Serambi Madinah”, mereka mulai memperkenalkan busana dan budaya dari kedelapan negara yang ada di Dunia. Diantaranya adalah; Amerika, India, Jepang, Thailand, China, Arab Saudi, Spanyol, dan tak terkecuali Indonesia.

Kegiatan tersebut di buka dengan Holi atau festival warna bak perayaan musim semi di India, yang kemudian malam harinya dilanjutkan dengan acara fashion show, tarian, dan wisata kuliner dari kedelapan negara tersebut.

Dalam pengertiannya, Cross Cultura Understanding merupakan studi untuk memahami sebuah kebudayan atau kebiasaan dari beberapa negara di dunia. Sebagai peserta penuh dalam kegiatan ini, mahasiswa semester tiga jurusan PBI  ini telah memenuhi salah satu syarat program studi pada mata kuliah CCU.

“Kegiatan ini awalnya adalah mata kuliah, terus mata kuliah ini dituntut untuk membuat kegiatan sebagai pemenuhan nilai Ujian Akhir Semester (UAS). Pungkas Fadli Setiawan, selaku ketua panitia dalam kegiatan ini.

Hal ini kemudian diperjelas oleh Marlina Pakaya, ketua jurusan PBI IAIN SAG. Ia mengatakan  "Sebenarnya mata kuliah ini pertama kali di adakan di dalam kelas, kemudian berkembang lagi di adakan di gedung kasmat lahay, dan kemudian di buat di out-dor dengan tujuan memperkenalkan pada masyarakat".



Reporter: Alim/Syahrul/Arman

Komentar