Menjelang PEMILMA, PPUM Gelar Penyampaian Visi Misi Seluruh Calon

Salah satu calon DEMA-I sedang menyampaikan visi dan misi. Jum'at (28/12/18). Foto oleh Cakra Wahyudi



LPM HUMANIKA IAIN SA GORONTALO-Jum'at (28/12/18) Kegiatan Penyampaian Visi Misi Calon Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa-Institut (DEMA-I), DEMA-Fakultas dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dari masing-masing jurusan di IAIN Sultan Amai (SA) Gorontalo, yang dilaksanakan di Aula Tarbiyah berjalan dengan lancar.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Mujahid Damopolii selaku wakil rektor 3 ini,  dinilai sukses oleh panitia pelaksana. Dalam hal ini adalah Panitia Pemilihan Umum Mahasiswa (PPUM) yang merupakan salah satu unsur penyelenggara kegiatan Pemilihan Mahasiswa (PEMILMA), periode 2018-2019 di IAIN SA Gorontalo. Dengan banyaknya Mahasiswa yang hadir pada kegiatan kali ini, membuat PPUM sangat antusias dalam menyelenggarakan kegiatan sampai dengan selesai. “Saya sangat bersyukur kepada Mahasiswa dan pihak Birokrasi yang memiliki antusias  lebih dalam PEMILMA kali ini.” Ujar Mohamad Noval Lamusu sebagai Ketua PPUM Institut.

Namun hal ini dinilai kurang efektif oleh beberapa Mahasiswa, khususnya Demisioner Sekjend DEMA-I, Aris Setiawan. Dia mengatakan bahwa panitia yang dalam hal ini PPUM, tidak  menyediakan waktu yang cukup panjang  bagi para Calon Ketua DEMA-I untuk  berdebat. Agar pemilih yang dalam hal ini adalah Senat Mahasiswa  (SEMA) dapat melihat siapakah yang lebih pantas dipilih sebagai Ketua DEMA-I periode 2018-2019, sehingga dapat dinilai lebih demokratis.

Pada PEMILMA periode 2018-2019 ini, hanya ada tiga peserta yang mencalonkan diri sebagai Ketua DEMA-I IAIN SA Gorontalo. Masing-masing merupakan delegasi dari dua fakultas saja, yakni Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) dan Fakultas Syariah. Dari FITK yakni, Rahmat Toan Barusi dan Musdar Saidi. Sedangkan dari Fakultas Syariah adalah Agung R. Datau. Berbeda dengan periode sebelumnya, pada PEMILMA kali ini Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) tidak mengutus peserta untuk mencalonkan diri sebagai Ketua DEMA-I. Mengingat bahwa sebelumnya Ketua DEMA-I IAIN SA Gorontalo adalah delegasi dari FUD. Begitupun dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), juga tidak mendelegasikan peserta sebagai calon Ketua DEMA-I pada periode kali ini.

Secara keseluruhan, ada sekitar 35 peserta yang menyampaikan Visi dan Misinya dalam kegiatan ini. Termasuk DEMA Fakultas dan HMJ dari masing-masing Jurusan di Lingkungan IAIN SA Gorontalo. Cakra Wahyudi

Komentar