Di Bawah Cengkraman Dosen Mesum


Iren Pontoh, salah satu pembaca puisi (bukan penyintas) pada tadarus puisi "Pelecehan Seksual pada Mahasiswi" Komunitas Lingkar Puisi (KLP), di taman kampus satu IAIN Sultan Amai Gorontalo (1 April 2019). Foto oleh Baim Alpino.

Kisah Pelecehan Seksual di Kampus IAIN Gorontalo

Redaksi Humanika mempersembahkan laporan mendalam tentang pelecehan seksual yang terjadi di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo. Kami menemukan banyak korban (selanjutnya akan disebut sebagai penyintas), tetapi mereka takut untuk menceritakan kisahnya karena berbagai alasan. Di antaranya, mereka takut jika mendapatkan ancaman dari dosen, terlebih lagi tidak adanya bukti yang kuat untuk bisa menuntut pelaku. Maka karena belum mempunyai kepastian hukum tersebut, kami menambahkan kata "terduga" sebelum kata "pelaku". Bukan berarti tidak memercayai pengakuan penyintas.

Namun empat orang penyintas bertemu dengan kami dan mau menceritakan kisahnya. Ada beragam cerita pelecehan seksual, bahkan sampai percobaan pemerkosaan. Demi menjaga keamanan penyintas, kami menyembunyikan identitas dengan menggunakan nama samaran. Berikut ini adalah penelusuran kami.

***

Selasa siang, 26 Maret 2019. Setelah membuat janji, saya akhirnya bertemu dengan Andin di masjid kampus IAIN Sultan Amai Gorontalo. Ketika matahari sedang terik-teriknya, kami akhirnya memutuskan untuk duduk di selasar masjid dan mulai memperkenalkan diri masing-masing.
"Saya ingin pelaku dikeluarkan dari kampus, tapi pihak fakultas seakan-akan menutupi kasus,” setelah perkenalan itu, Andin memulai ceritanya. 

Menurutnya, pelaku ini adalah seorang dosen yang juga bernaung pada sebuah organisasi Islam terbesar di Indonesia. Pihak fakultas, katanya, khawatir kasus ini akan berimbas pada nama baik kampus, dan juga nama baik ormas yang memiliki lambang bola dunia yang dikenal sangat menjunjung tinggi toleransi dan keberagaman itu.

Andin bersedia untuk menceritakan kejadian yang menimpanya itu, karena berharap pelakunya bisa diproses secara hukum akibat dari perbuatannya itu. Demi kenyamanannya, saya mengajak Andin pindah ke dalam masjid agar lebih leluasa bercerita.

“Saya tidak menyangka kejadian percobaan pemerkosaan itu menimpa diri saya sendiri,” ujar Andin sedih dan marah.

Awalnya, ia sama sekali tidak punya pikiran apapun ketika disuruh datang ke kontrakan dosen itu untuk mengantarkan tugas perbaikan nilai Ujian Akhir Semester. Sehari sebelum kejadian, Andin dan beberapa kawannya datang ke kontrakan dosen itu untuk melakukan perbaikan nilai. Namun saat itu Andin sedang sakit, ia tidak bisa melakukan perbaikan nilai pada hari itu dan lalu meminta keringanan pada dosen untuk mengumpulkan tugas di hari berikutnya.

"Saya percaya bapak ini tidak akan macam-macam. Apalagi dia seorang Ustaz. Waktu itu kan cuma mau antar tugas, tapi ternyata saya malah ditahan," suaranya sedikit bergetar.

Siang itu Andin mendatangi kontrakan dosen tersebut. Ketika tiba di sana, Andin disuruh masuk ke kamarnya untuk mengantarkan tugas. Alasannya karena di depan kamarnya ada orang yang sedang tidur, dan sang dosen takut mengganggu.

"Saya disuruh masuk ke kamar, dan disuruh duduk di dekatnya. Terus saya langsung kasih tugas itu ke dia dan langsung minta nilai. Dosen bilang: 'gampang itu, temani saya menonton dulu'. Saya lalu duduk, tapi agak berjauhan. Pintu kamar juga terbuka lebar."

Beberapa saat kemudian, ketika lingkungan rumah kontrakan sudah mulai sepi, dosen itu lalu langsung menarik tubuh Andin. Ia berusaha melawan, tetapi badannya kecil dan juga dosen itu terlalu kuat untuknya. Dosen itu lalu mencium bibirnya, Andin marah dan terus berontak. Tubuhnya sempat terlepas dari cengkraman sang dosen, namun ia tak berdaya dan berhasil ditarik lagi.

“Yang ketiga kali itu kepala saya sampai terbentur di lantai dan lalu ditindih. Terus dia mencium bibir saya dan sudah memegang dada. Saya berusaha menggapai apa saja, kemudian saya memukul kepalanya dengan sesuatu yang entah apa itu. Karena itulah saya bisa lepas dan lari," cerita Andin dengan sedih.

Setelah kejadian itu, Andin lalu melaporkan dosen tersebut kepada ketua jurusannya. Dari situ juga dia tahu bahwa ternyata banyak penyintas pelecehan seksual yang dilakukan oleh dosen tersebut. Termasuk seorang teman dekatnya, Sinta, yang mengalami kejadian yang sama bahkan sudah dua kali.

"Karena Sinta itu tidak punya bukti, dosen itu menyangkal dan menuduh itu adalah pencemaran nama baik."

Usai menceritakan kejadiannya, saya lalu mengajak Andin untuk bertemu dengan Sinta. Namun pertemuan kami dengan Sinta di kantin kampus itu tidak berjalan mulus. Sinta terkejut dengan kehadiran saya dari Redaksi Humanika. Sinta tidak mau diwawancarai. Sebab pihak fakultas, katanya, meminta kepada Sinta untuk tidak lagi membahas kasus ini hingga dibiarkan berakhir begitu saja.

Sampai dengan tulisan ini dimuat, saya masih terus berhubungan dengan Andin. Kasus yang menimpanya ternyata telah tersebar di kelas. Akibatnya, Andin sering diolok-olok oleh temannya. Bahkan ada seorang teman yang mengatai Andin sebagai simpanan dosen tersebut. Tekanan seperti ini tidak hanya dilakukan teman-teman sekelasnya, tetapi juga oleh beberapa dosen yang mengetahui perihal kasus ini.

Melalui pesan di Facebook, Andin bercerita bahwa ada seorang dosen yang setiap hari selalu menanyakan hal yang sama: apakah Andin tidak berbohong dan memfitnah pelaku? Lebih parah lagi, katanya, Andin dituduh justru menikmati kejadian itu.

Menurut seseorang kerabatnya, belakangan Andin menjadi lebih tertutup. Begitu juga dengan Sinta. Keduanya juga sering terlihat mengenakan masker, padahal baik Andin dan Sinta adalah orang yang sangat terbuka kepada siapa saja.

Memanfaatkan posisi sebagai dosen

“Kejadiannya sudah lama. Waktu itu saya masih semester satu, dan mau ujian akhir semester,” ujar Yanti mencoba menggali ingatannya.

Kami bertemu dengan Yanti di ruangan kelasnya yang sedang kosong, pada Selasa, 6 November 2018.

“Sebelum ujian, saya disuruh baca quran dulu. Saya bilang kalau saya tidak tahu baca. Tapi dosen bilang ‘tidak apa-apa, coba dulu’. Terus saya bilang tidak bisa. Tiba-tiba kakinya dijulurkan ke depan sampai menyentuh kaki saya. Tapi waktu itu saya berpikir mungkin bapak ini mau meluruskan kaki dan tidak sengaja, lalu saya langsung menarik kaki saya biar tidak bersentuhan.”

Karena tidak bisa membaca quran, dosen tersebut menyuruh Yanti untuk ikut ujian susulan. Yanti pun menyetujuinya. Sebelum keluar ruangan, Yanti menyalami dosen itu. Yanti terkejut ketika dosen itu berlama-lama memegang tangannya. Padahal di kelas dosen itu tidak suka jika ada perempuan dan laki-laki melakukan kontak fisik. Tempat duduk perempuan dan laki-laki pun dipisah. Bahkan sang dosen pernah mengeluarkan dua orang teman Yanti dari kelas karena mereka bercanda sambil melakukan kontak fisik.

Beberapa hari setelah itu, Yanti kemudian mengikuti ujian susulan dengan beberapa orang temannya di kampus dua IAIN Gorontalo. Karena ujian lisan, mahasiswa masuk secara bergantian di ruangan. Sampai pada giliran Yanti, ternyata soal yang ia dapat adalah materi yang tidak ia kuasai. Yanti lalu meminta keringanan dosen untuk memberikannya kesempatan kedua setelah teman-temannya selesai.
“Saya kan minta keringanan, tapi bapak bilang begini: ‘kamu ikut ujiannya besok saja’. Terus saya bilang: ‘Pak, ongkos ke sini mahal, saya cuma diantar sepupu. Jarak kos dan kampus ini jauh. Saya mohon keringanan’. Tapi bapak itu bilang saya disuruh ke sini sama sepupu, pulangnya baru dia antar. Saya menolak. Tetap minta keringanan saja hari ini ikut ujian setelah semua teman-teman selesai. Terus akhirnya bapak membolehkan.”

Yanti lalu diberikan kesempatan untuk masuk lagi ikut ujian setelah semua temannya selesai. Setelah Yanti mengikuti ujian dan menyerahkan kertas tugasnya, dosen tersebut menegur Yanti karena kertasnya yang sudah kusut.

Yanti lalu diminta untuk mengulang menulis tugasnya lagi. Dan Yanti bersikukuh meminta keringanan kepada dosen tersebut, dengan alasan dia harus mengeluarkan biaya lebih untuk mengantarkan tugas ini jika tidak diterima hari itu juga.

Dosen itu lalu meminta Yanti untuk datang dengan diantar oleh sepupu, dan sang dosen bersedia mengantar pulang Yanti. Tentu saja Yanti menolak.

“Ketika saya mau pamit pulang, dosen itu bilang sesuatu tapi saya lupa apa. Yang jelas saya hanya menjawab sekenanya saja seperti bergumam 'hmmm'. Terus sang dosen bilang: kenapa jawabnya hmmm, karena kalau yang jawab 'hmm' itu hanya kalau bibir dengan bibir sedang bertemu. Di situ saya mulai merasa risih, apalagi dia bicara tapi sambil melihat tubuh bagian bawah saya,” cerita Yanti.

Karena merasa tidak nyaman dan mengingat mereka hanya berdua di ruangan, Yanti segera berpamitan dan lalu bersalaman dengan dosen tersebut. Lalu dosen itu bertanya lagi; kenapa hanya cium tangan? Terus ini tidak (sambil menyentuh bagian pipinya).

Yanti sendiri takut melaporkan kelakuan dosen itu, karena ia takut tidak punya bukti yang kuat. Akhirnya Yanti hanya melupakan saja kejadian itu tanpa ada inisiatif lagi untuk melaporkan dosen tersebut.

"Saya tidak berani melapor karena memang tidak ada bukti, takutnya malah dibilang mengada-ada. Padahal dia sering melakukan hal yang sama kepada teman-teman saya, dan juga ada pada beberapa orang senior," ungkap Yanti.

Ajakan panggilan video dan minum kopi 

Awalnya Lia tidak menyangka dosen itu bersikap tidak profesional sebagaimana hubungan dosen dan mahasiswa. Namun Lia sudah mulai curiga ketika menerima pesan WhatsApp dari sang dosen.
“Awalnya dosen saya ini cuma kirim pesan biasa. Saya balas pesannya untuk menghargai dia sebagai dosen. Tetapi lama kelamaan dia mengajak minum kopi. Bahkan beberapa kali menelepon tengah malam, dan mengajak melakukan panggilan video,” kata Lia memulai ceritanya, pada Selasa, 23 Oktober 2018.

Di kelas, tidak hanya Lia yang diperlakukan seperti itu, tetapi ada juga beberapa orang temannya. Ajakan untuk minum kopi atau panggilan video sering ditolak Lia secara halus untuk menjaga perasaan dosen tersebut, namun lama-lama ia merasa risih.

“Saya bilang: ‘pak mohon maaf sebelumnya. Saya selaku mahasiswa dan bapak selaku dosen, jangan terlalu berlebihan. Nantinya pandangan orang tidak bagus.’ Terus dosen saya cuma bilang: ‘oh iya dek, maaf.’ Tapi setelah itu, ajakan untuk minum kopi berdua tetap ada.”

Terkadang Lia tidak merespon obrolan WhatsApp dari dosen itu, tetapi beberapa kali ia membalasnya, hanya menghargainya sebagai dosen. Sekali lagi, Lia menjadi tidak nyaman, karena ulah dosen itu yang sering membubuhi obrolannya dengan emotikon cium.

“Saya bilang ke dosen kalau dia sudah keterlaluan, tetapi dia tidak meminta maaf, hanya dibalas dengan emotikon maaf.”

Lia dan beberapa orang temannya tidak berani melaporkan perlakuan dosen itu. Karena mereka takut nantinya akan berimbas pada nilai kuliah mereka. Dan sang dosen tersebut adalah orang yang sama, yang diduga melakukan percobaan pemerkosaan terhadap Andin.

Modus mengerjakan tugas

“Awal masuk dosen ini bersikap biasa saja, bahkan menunjukkan gelagat tidak suka dengan saya. Pokoknya cuek dengan mahasiswi.”

Kalimat ini diucapkan Ranti, kepada saya, di depan kelas kampus pada siang yang terik, Selasa, 23 Oktober 2018. Ranti bercerita sembari mengingat kejadian yang sudah lama berlalu itu.

Semua itu bermula ketika Ranti dan teman-teman sekelasnya melakukan perbaikan nilai pada dosen tersebut, karena nilai mereka yang tidak memenuhi standar. Ranti kemudian menemui dosen itu di ruangannya untuk meminta perbaikan nilai. Dosen itu malah menyalahkan Ranti yang tidak menguhubunginya via WhatsApp untuk melakukan perbaikan.

Karena merasa bersalah, Ranti meminta nomor dosen tersebut dan langsung mengirim pesan via WhatsApp.

“Saya langsung chat dia saat itu juga, kirim pesan ‘asalamualaikum’. Nah, dari situ dia mulai kirim chat yang aneh-aneh. Saya sering menegur dosen itu, soalnya dia sering chat tengah malam,” Ranti bercerita.

Beberapa kali dosen tersebut meminta Ranti untuk melakukan panggilan video via WhatsApp, namun Ranti terus menolak. Tidak hanya itu, Ranti juga sering diajak minum kopi oleh dosen tersebut, dan tetap saja Ranti menolaknya. Penolakan-penolakan itu membuat sang dosen marah terhadap Ranti. Kejadian ini diketahui oleh teman-teman sekelasnya.

“Begitu kita semua kumpul di ruangannya, saat itu saya ingin sekali memukulnya. Dia bilang sama teman-teman maksudnya datang ke rumah bukan untuk ajak minum kopi, tapi untuk ambil buku. Terus kalau mau melakukan panggilan video, katanya dia lebih suka bicara berhadapan langsung dibanding chat. Dia bikin pembenaran, pokoknya seakan-akan saya yang salah menanggapi. Saya keluar ruangan, masuk toilet, saya manangis. Dia bikin seakan-akan saya yang mengejar dia.”

Beberapa hari setelah kejadian itu, dosen tersebut lalu mengirim permintaan maaf via WhatsApp kepada Ranti. Dia mengatakan bahwa tidak ada maksud apa-apa, dia hanya ingin berteman dengan Ranti. Lalu dia mengajak Ranti datang ke rumahnya untuk mengerjakan tugas, tetapi Ranti menolak. Dari penolakan tersebut, Ranti lalu diberi tugas lebih banyak dari teman-teman sekelasnya. Merasa diperlakukan tidak adil, Ranti kemudian meminta keringanan dari dosen itu.

“Dosen ini bilang tugas itu bisa diringankan, yang penting saya tidak memberi tahu siapa-siapa. Tapi saya tidak mau, takutnya dia nanti bersikap seenaknya sama saya. Terus dia pernah kasih tawaran, katanya tugas itu sebenarnya tidak penting, sekalipun saya tidak memasukkan, tidak masalah. Asalkan saya mau jadi temannya,” ujarnya.

“Setelah tugas selesai, dia minta saya revisi tugas di rumahnya. Tapi saya tidak mau.”
Walaupun sudah mengerjakan tugas yang lebih banyak dari teman-temannya, Ranti justru mendapatkan nilai rendah. Ia kemudian menanyakan perihal nilai yang tidak sesuai melalui pesan singkat. Namun dosen tersebut menyuruh Ranti untuk meneleponnya saat itu juga.

“Dia suruh saya telepon, terus dia cuma cerita panjang lebar tidak jelas. Karena tidak mau lagi berurusan dengan dia, saya WhatsApp dia setelah itu. Saya bilang nilai segitu tidak apa-apa, saya tidak mau lagi bikin perbaikan. Terus saya memblokir nomornya, dan hasilnya nilai saya yang paling rendah di antara teman-teman.”

Ranti mengatakan bahwa ia pernah bercerita mengenai kelakuan dosen tersebut kepada teman-temannya dari kelas lain, dan ternyata mereka juga mempunyai teman yang menjadi penyintas dari dosen yang sama.

Ranti lalu pernah mengadukan sikap dosen tersebut ke bagian akademik. Namun mereka hanya memberikan peringatan terhadap Ranti untuk berhati-hati jika berurusan dengan dosen tersebut.
"Hati-hati dengan bapak itu, dia suka agak centil sama mahasiswi," ujar Ranti menirukan staf akademik yang ditemuinya.

Ranti menyayangkan sikap bagian akademik yang hanya menyuruh mahasiswi untuk menjaga jarak dengan dosen itu, tetapi tidak memberikan tindakan yang tegas.

Jadi rahasia umum

1 April 2019. Sejumlah mahasiswa dari Komunitas Lingkar Puisi (KLP) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo, berkumpul di taman Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK). Sebuah hajatan digelar yang disebut tadarus puisi.

Isu yang mereka angkat dalam tadarus puisi kali ini tentang pelecehan seksual yang terjadi di kampus. Satu persatu dari mereka secara bergantian melakukan protes kepada pihak kampus dengan cara membaca puisi.

Peserta menyebut, pihak kampus terkesan menutup-nutupi kasus yang melibatkan dosen. Pembacaan puisi protes itu ternyata menarik perhatian banyak mahasiswa dan mereka ikut bergabung membacakan puisi bernada protes. Protes tersebut sekaligus sebagai aksi kepedulian terhadap mahsiswi yang menjadi penyintas pelecehan seksual.

Penyintas dalam hal ini mahasiswi, takut melaporkan tindakan pelecehan seksual yang dilakukan dosen akan berpengaruh pada nilai mereka. Oleh sebab itu para penyintas lebih memilih diam untuk menghindari hal itu. Terlebih lagi jika sudah ada ancaman dari pelaku sendiri untuk tetap tutup mulut.
“Jika saya menjadi penyintas pelecehan seksual, saya sendiri takut untuk melaporkan karena dia adalah dosen yang punya otoritas. Terlebih lagi jika hanya lewat obrolan Whatsapp, saya takut jika posisi saya sebagai penyintas justru akan menjadi tersangka seperti beberapa kasus pelecehan seksual sebelumnya,” Kata Indah Kono salah satu mahasiswi yang saya mintai pendapat.

Pelecehan seksual yang terjadi di kampus, akhirnya hanya menjadi diskusi-diskusi kecil dalam forum nonformal atau hanya sebagai bahan curhatan. Tidak adanya sikap yang diambil oleh penyintas karena beberapa faktor. Antara lain penyintas tidak mengetahui prosedur pelaporan jika terjadi pelecehan seksual baik verbal maupun non-verbal.

Penyintas takut diancam nilainya oleh dosen jika melaporkan perbuatan mereka. Adanya victim blaming atau sikap yang menyalahkan penyintas, seperti; “ah siapa suruh pakai baju seksi” atau “ah itu kan cuma obrolan biasa, seperti itu kok pelecehan,” dan masih banyak lagi pernyataan-pernyataan bernada serupa yang dialamatkan kepada penyintas, sehingga mereka lebih memilih untuk diam saja dan bahkan menganggap wajar.

Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak orang yang tidak mengetahui kapan hal itu dikatakan sebagai pelecehan seksual dan banyak penyintas tidak sadar bahwa dirinya adalah korban.  Kondisi seperti ini diakibatkan oleh fenomena rape culture atau budaya pewajaran dalam tindakan pelecehan seksual. Seperti yang diungkapkan oleh Kusmawaty Matara, Direktur Women Institute for Research and Empowerment Gorontalo (WIRE-G), ketika ditemui pada 22 Maret 2019.

"Pelecehan seksual adalah tindakan. Misalnya menyentuh bagian tubuh atau mengatakan seperti 'bibirmu bagus', itu maksudnya apa? Itu termasuk pelecehan seksual. Jadi perempuan harus sadar dan tahu seperti apa itu pelecehan seksual," ujar Kusmawaty.

Sementara menurut Asriyati Nadjamuddin, aktivis Salam Puan, bahkan penggunaan emotikon dan percakapan yang berbau seksual adalah termasuk tindakan pelecehan.

Hal senada juga disampaikan oleh Nurhikmah Biga, aktivis Salam Puan, yang juga dosen di IAIN Sultan Amai Gorontalo, ketika ditemui pada Rabu, 12 Desember 2018 lalu.

“Kalau mereka saja gagal menjadi pendidik, bagaimana mahasiswa menjadi orang yang berpendidikan? Jika benar di kampus terjadi pelecehan seksual oleh dosen, penyintas bisa melapor ke pihak akademik atau curhat saja langsung ke dekan. Mungkin segera diberhentikan atau ditegur. Itu yang sangat efektif sebenarnya. Mungkin penyintas merasa malu untuk melapor, tapi kalau memang ada banyak, saya ingin memediasi teman-teman.”

Tidak ada tindakan tegas

Kendati sudah menjadi rahasia umum, tetapi pihak kampus tidak berani bertindak tegas kepada para terduga pelaku pelecehan seksual. Dalam kasus yang dialami Ranti, pihak akademik hanya memberi tahu mahasiswinya untuk berhati-hati, tetapi tidak memberikan teguran berupa sanksi terhadap dosen yang bersangkutan.

Lalu kejadian yang menimpa Andin dan Sinta, hanya berakhir dengan surat permohonan maaf dari oknum dosen dan hanya dipindahkan untuk mengajar di fakultas lain. Melalui penelusuran lebih lanjut, ditemukan oknum dosen tersebut mulai melancarkan aksinya lagi. Ini menunjukan bahwa surat permohonan maaf tidak menjamin apapun. Dikhawatirkan penyintas akan terus bertambah banyak jika pihak kampus tidak serius menangani kasus pelecehan seksual bahkan cenderung menutup-nutupi kasus dan melindungi terduga pelaku dengan berdalih demi nama baik kampus.
"Saya kecewa pelaku tidak di-BAP. Terus di kasus saya, pelaku sudah minta maaf, dan menganggap kasus-kasus sebelum saya juga sudah selesai," ujar Andin.

Lebih lanjut Andin mengatakan bahwa ia khawatir penyintas akan terus bertambah. Karena oknum dosen mesum tersebut adalah salah satu pendiri komunitas sosial di kampus yang membantu meringankan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa kurang mampu, dan beberapa dari mereka bisa saja menjadi penyintas.

Hal ini seperti membuktikan bahwa kampus sebagai instansi pendidikan gagal menangani pelecehan seksual yang terjadi di lingkungan kampus. Kasus-kasus yang muncul di permukaan hanyalah sebagian kecil dari banyaknya kasus yang ada, hal ini terjadi karena penyintas takut untuk melaporkan tindakan pelecehan seksual, malu untuk melaporkan, dan bahkan mendapatkan intimidasi dari dosen.

Tanggapan kampus

Untuk mencari tahu tanggapan pihak kampus, saya lalu menemui masing-masing dekan fakultas yang terdapat penyintas dan terduga pelaku pelecehan seksual, dan juga menemui Wakil Rektor 3, pada Selasa 2 April 2019.

Saya terlebih dahulu mendatangi dekan fakultas dimana terdapat penyintas dan terduga pelaku percobaan pemerkosaan. Saya menemuinya di ruangan kerja dan langusng memperkenalkan diri serta maksud dan tujuan saya. Tetapi dia menolak diwawancarai karena merasa hal ini adalah tanggung jawab pihak rektorat. Dekan malah mengajari saya persoalan etika jurnalis dan bagaimana cara meliput berita dengan baik dan benar.

Setelah itu saya menemui Wakil Rektor III Mujahid Damopolii, yang saat itu sedang melantik pengurus Unit Kegiatan Khusus (UKK) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), di Aula Lembaga Peningkatan Mutu (LPM) IAIN Gorontalo. Kurang lebih selama satu jam, saya menunggu acara selesai dan menemuinya untuk diwawancara.

Dia mengatakan bahwa sampai dengan saat ini pihak rektorat belum pernah menerima laporan mengenai kasus pelecehan.

"Pelecehan seksual adalah perbuatan yang melanggar norma-norma. Jika ada mahasiswa yang merasa dilecehkan oleh siapapun itu, silakan buat laporan berdasarkan prosedur yang ada. Insya Allah kampus akan merespon dengan secepatnya dan membentuk komite etik yang akan memberikan hukuman sesuai aturan yang berlaku," jelas Wakil Rektor.

Saya lalu segera menemui dekan fakultas lainnya di mana terdapat penyintas pelecehan seksual. Tetapi saat itu sang dekan sedang tidak ada di ruangannya. Dari seorang staf bagian akademik, saya mendapat informasi bahwa dekan sedang berada di kampus dua IAIN Gorontalo.

Setelah kurang lebih dua jam lamanya saya menunggu, akhirnya dekan berhasil ditemui. Dalam wawancara singkat itu, dekan juga mengaku bahwa belum pernah menerima laporan mengenai pelecehan seksual yang terjadi di fakultas.

"Jika memang benar ada kasusnya, apalagi pelaku adalah seorang ASN (Aparatur Sipil Negara) dan itu terbukti, maka akan terjadi pemecatan," ujarnya.

Tim Redaksi Humanika






Komentar

  1. Saya sebagai salah satu mahasiswa di IAIN, mengutuk keras perilaku seperti ini. Saya siap membantu tim humanika untuk menuntaskan masalah ini. jika tenaga saya dibutuhkan.
    .
    Lambang bola dunia dan komunitas sosial yg sering membayar UKT mahasiswa. (Saya tau siapa orang ini, saya tidak menyangka sama sekali).

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga siap membantu sebelum banyak korban lagi berjatuhan semoga masalah ini cepat selesai

      Hapus
    2. Gak penting saya siapa4 April 2019 06.45

      Siapa sih pelakunya. Beritanya setengah2 tambah bikin penasaran dan bikin nggak nyaman di lingkungan kampus.

      Hapus
    3. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  2. Saya mendukung kalian...

    BalasHapus
  3. Parah....... Kami Siap Mengawal Kasus ini

    BalasHapus
  4. Kpd teman2 yg tw namanya dosenya dkasih tw k sy,slny adik sy juga kulian dkampus IAIN. jgn sampe adk sy yg jd korban selanjutnya

    BalasHapus
  5. Jika tulisan ini berdampak pada pengungkapan pelaku dan ketegasan sangsi, maka LPM Humanika toooppp!!!

    BalasHapus
  6. Saya mengutuk keras pendidik macam ini (!)

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. semoga kasus ini dapat di usut tuntas

    BalasHapus
  9. Wajib di proses biar kebenaran terungkap

    BalasHapus
  10. Selaku Mantan Mahasiswa sya siap dukung kalian...
    Maju terus....
    Diam berarti membiarkan generasi kita rusak...

    BalasHapus
  11. Orang Bandung4 April 2019 03.05

    Mantap boskuh, saya bukan org Gorontalo, tapi beneran deh well done, ayo usut sampai tuntas, lindungin juga Andinnya, kasian soalnya urusannya bukan sama organisasi ecek2. Semangaaaat boskuh!!

    BalasHapus
  12. MUNGKIN PIHAK DEMA F bisa mengkawal kasus ini

    BalasHapus
  13. untuk seluruh mahasiswa IAIN GORONTALO.
    jangan hanya di berani di kolom komentar.
    tunjukkan bahwa kalian aktivis, usut kasus ini hingga tuntas, sampai pelaku jera.
    buat penulis semangat terus dan jangan takut akan ancaman.
    salam perjuangan.
    @sorong23

    BalasHapus
  14. Apakah hanya tampanx yg sbg tenaga pendidik dan jga di kampus tersebut dia dikenal maaf "org yg lebih kenal agama"tpi ternyata kelakuanx tdk mencerminkan sikap yg dia miliki , seperti memakai topeng , sungguh miris apalagi tgl d kota gorontalo ini yg dikenal bisa menjaga sikap !

    BalasHapus
  15. astagfirullah saya mahasiswa IAIN juga semester 6 kampus 2 Alhamdulillah disini saya tidak menemukan kasus yg seperti ini dan saya juga siap membantu apa saja yg dibutuhkan oleh tim humanika selagi saya mampu insya Allah

    BalasHapus
  16. Semoga Allah SWT akan slalu melindungi orng" yg benar amin..
    Saya hanya menghimbau kepada seluruh mahasiswi agar lebih tegar dan tegas untuk menghadapi masalah" yang telah terjadi kpda kalian...
    Jangan takut untuk melopar dan jangan takut di ancam karna harga diri dan derajat wanita itu lebih mulia dari pada apapun.
    Dan yakinlah Allah SWT slalu bersama dengan wanita yang mempertahankan harga dirinya direbut oleh orng yg bukan mahromnya...
    Smngat kapda HUMANIKA yg akan menuntaskan kasus ini ,smoga kalian diberikan jalan yg terbaik oleh Allah SWT .amin amin ya robbal alamin.

    BalasHapus
  17. Kontol bangsat deng itu dosen... eekkhuuuu... hidup mahasiswa

    BalasHapus
  18. Huuuuu pendoooo dg itu dosen

    BalasHapus
  19. Selaku wanita dan mahasisiwa saya. Sanagat mersa kecwa dngn perlku dosen tersebut. Saya siap turun aksi kappn saya di btuhkan untk menegkan keadila

    BalasHapus
  20. Saya menyayangkan penggunaan bahasa yang terlalu vulgar meskipun ini merupakan fakta. Namun, lebih jauh dari itu, mari sama kita mengawal kasus ini. Hingga para pelaku yang berlindung dibawah profesi, lembaga dan sejenis diadili seadil-adilnya

    BalasHapus
  21. Siap kawal dari masyarakat dema fud

    BalasHapus
  22. Slaku warga IAIN mengutuk keras kepada oknum dosen yg telah merusak nama baik almamater

    BalasHapus
  23. Saya siap mendukung tim redaksi untuk mengungkapkan kebenaran ini. Pliisss kapan aksinya ?

    BalasHapus
  24. Semua orang tua pasti mengharapkan anakx tumbuh dan berkembang dengan baik,semua orang tua rela mengais rezeki tanpa memandang hujan ataupun panasx matahari,berjuang mati2an hanya untuk anak2x bisa menuntut ilmu,tetapi di sisi lain ada oknum yg mengunakan jabatan sebagai alat pelecehan sekaual terlalu miris,mugkin beliau perlu pemeriksaan lebih lanjut,apakah ada penyakit dalam tubuh beliau,kemugkinan besar iyaa penyakit seperti itu tak ada obatx,i'Allah beliau membaca komentar saya,dan faham apa arti dari cinta kasih orang tua kepada anakx...

    BalasHapus
  25. Saya selaku oran tua mahasiswa mendukung tindakan dari LPM HUMANIKA,semangat Allah berada dekat bersama kalian selagi kalian berada di jalan yg benar...
    Mari kita basmi bersama kelakuan menjijikan dari oknum yg tidak bertanggung jawab..
    #dewishintasantoso

    BalasHapus
  26. April 2019 08.04
    Semua orang tua pasti mengharapkan anakx tumbuh dan berkembang dengan baik,semua orang tua rela mengais rezeki tanpa memandang hujan ataupun panasx matahari,berjuang mati2an hanya untuk anak2x bisa menuntut ilmu,tetapi di sisi lain ada oknum yg mengunakan jabatan sebagai alat pelecehan sekaual terlalu miris,mugkin beliau perlu pemeriksaan lebih lanjut,apakah ada penyakit dalam tubuh beliau,kemugkinan besar iyaa penyakit seperti itu tak ada obatx,i'Allah beliau membaca komentar saya,dan faham apa arti dari cinta kasih orang tua kepada anakx...
    #dewishintasantoso

    BalasHapus
  27. Saya walau bukan bagian dari IAIN GORONTALO..saya mengutuk keras kejadian ini dan harus d usut tuntas...

    BalasHapus
  28. Bismillah.
    Jika isu ini benar, maka tenaga pendidikan yg ada telah rusak, Dosen tak selama nya benar dan mahasiswa tak selamanya salah..dosen bukan dewa dan mahasiswa bukan kerbau.....lawan!

    BalasHapus
  29. Jika berita ini benar, smga pelaku dihukum sesuai dgn perbuatannya.

    BalasHapus
  30. Semoga allah ta'alla membalas oknum itu dgn azab.. aamiin

    BalasHapus
  31. Tuntaskan permasalah ini jangan pernah biarkan virus-virus kampus mengotori citra kampus. Dan permasalah ini kita harus bawa kerana hukum krna sudah melanggar aturan uud.

    BalasHapus
  32. Kami siap membantu dan lawan...

    BalasHapus
  33. Saya tau siapa orangnya. Dan saya harap dia dikeluarkan

    BalasHapus
  34. Asslm. Kasus ini harus d seriusi,sbab dikhawatirkan akan dampak lanjutan yg lebih parah lagi, dimohon para pejabat dilingkungan kampus, segera mlaksanakan kwajibanx utk mn klarifikasi dgn mngahadirkn oknum "dosen" dan mahasiswi/sbgai "korban"....jika fakta positif terungkap, maka berlakukan kode etik dgn ssuai perundang-undangan yg berlaku....kasihan adik2 mhsswi yg sharusx mndapatkn ilmu yg bermanfaat dunia wal akhirot, malah akan termarginalkn d intern kmpus serta masa dpanx bisa hancur.....

    Smoga bisa di slesaikn sgera...LPM HUMANIKA IAIN GORONTALO...slamat berjuang...

    BalasHapus
  35. Miris disaat orang tua mati2an cari uang buat bayar kuliah. Eh pas kuliah ternyata anaknya cuma digituin sama dosennya. Saran saja coba ditambah suara dari orang tua mahasiswa. Suara emak2 pasti bisa terdengar sampai ke rektorat

    BalasHapus
  36. Terkadang, mungkin alasan para korban lebih memilih jalan didiamkan karena mereka tidak punya pegangan untuk membuat mereka terasa terjaga. Karena dari yang saya baca, mengeluarkan pendapat dan keluh kesah hanya akan memancing rasa iba orang , bahkan lbh buruknya malah memancing pandangan buruk orang lain. Bahkan saya sebagai mahasiswa iain kmpus dua merasa kecewa melihat tindakan para dosen.

    Saran, beri mereka para korban tempat ternyaman dan tempat untuk berlabuh kasih .

    BalasHapus
  37. Saya mendukung untuk mengusut para pelaku (dosen) hingga tuntast dan tangkap pelakunya karena ini merupakan tindakan pelecehan seksual.

    BalasHapus
  38. Saya turut prihatin terhadap hal ini terutama saya sebagai wanita. Seharusnya diberi tindak tegas terhadap dosen yang semena mena terhadap mahasiswanya, pelecehan terlalu rendah jika dibandingkan dengan nilai yang bagus.

    Karena orang terlihat baik belum tentu baik. Jangan melihat orang dari bagian luarnya saja. Saya harap dosennya diberhentikan, dia tidak pantas menjadi pengajar.

    BalasHapus
  39. Selaku yang bertanggung jawab di kampus, jika sudah mengetahui hal tersebut harus segera menindakinya tanpa alasan apapun. Kalaupun dengan alasan pencemaran nama baik itu saya rasa bukan menjadi suatu alasan yang tepat. Karena menurut saya tindakan tersebut dilakukan secara personal bukan secara universal(dosen terhadap mahasiswi). Selanjutnya apabila dari pihak fakultas ataupun universitas ingin kasus ini di diamkan atau kalimat yang mengatakan bahwa hanya di suruh jaga jarak sama pelaku, berarti bisa jadi kasus tersebut sudah banyak di ketahui oleh sebagian dosen.
    Saya berharap hal tersebut bisa di tindak tegas sebelum berdampak buruk atau lebih buruk terhadap universitas

    BalasHapus
  40. Alasan akan berdampak pada pencemaran nama baik kampus atau pencemaran nama baik suatu organisasi besar "islam", menurut saya hal tersebut menjadikan alasan yang kurang tepat, karena tindakan tersebut dilakukan secara personal/individu bukan tindakan yang dilakukan secara universal dosen terhadap mahasiswi.
    Harapan saya pemerintah dapat bertindak secara tegas terhadap pelaku pelecehan sexual!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya salah satu mahasiswa IAIN dr tahun 2010 sampai 2014. Kalau memang ini terjadi kita ungkap saja. Jangan cm bikin cerita dan berdemo di depan kampus tidak ad gunanya. Usut lewat jalur hukum. Siapa blang tidak bisa d buktikan. Bisa di visum apa susahnya.
      Tidak usah bawa2 organisasi yg berlambangkan bola dunia saya tahu maksud anda adalah Nahdlotul Ulama. Sebagai apa fia di NU apakan bisa menunjukan kartu keanggotaan. Kalo tidak bisa proses. Kalau memang dia punya KTA laporkan ke organisasi dan pihak berwajib.

      Sudah banyak senior2 IAIN yg faham masalah hukum bahkan mereka sudah jadi orang2 hebat di wil gorontalo.

      Hapus
  41. Siapa nama penulis artikel ini? Tulisannya bagus 👍🏼

    BalasHapus
  42. Saya selaku perempuan, dan juga mahasiswa sangat menyayangkan kejadian dan peristiwa ini, pendidik yang seharusnya menjadi contoh dan suri tauladan untuk para pelajar malah menjelma menjadi manusia yang tidak memiliki kode etik, melanggar HAM, dan kemudian berselimut di atas nama jabatan. Dari tulisan di atas, saya menyimak bahwa semua penyintas dibungkam oleh ancaman yang di lontarkan oleh oknum yang tidak beretika itu. Menjadi pendidik bukannya menunjukan sikap dan perilaku yang baik, malah mencontohkan dan melalukan hal-hal yang tidak senonoh. Untuk para penyintas, jangan takut keberadaan kalian di ancam di lingkungan kampus, jangan terus ingin di bungkam, kalian memiliki hak untuk bersuara, mengeluarkan aspirasi, serta melakukan advokasi dalam bentuk apapun. Masalah nilai itu urusan biasa, mau di keluarkan dari kampus karena mengadu dan mengatakan yang sebenarnya juga tidak masalah. Masih banyak kampus lain yang mau menerima, jangan membiarkan diri terus berada di bawah tekanan. Indonesia adalah negara hukum, segala sesuatu telah di atur dalam uu, banyak yang akan melindungi kalian. Saya bangga kepada lpm humanika, mampu mengungkap persoalan kampus yang telah lama di tutup-tutupi, saya mendukung penuh apapun yang akan dilakukan oleh pihak lpm humanika selanjutnya, salam perjuangan, dan salam literasi.

    BalasHapus
  43. Salut sama Insan Pers Mahasiswa IAIN. Kalau boleh tahu, bisa minta kontak pimprednya?
    Ada mau konfirmasi.

    BalasHapus
  44. Seharusnya pihak kampus dari awal harus bertindak dengan tegas. Lihat hasilnya. Sekarang nama baik dari Intstitut itu sendiri yang jatuh. Jadinta Hal yang wajar apabila jmlah maba tahun ini akan turun drastis

    BalasHapus
  45. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

  46. Usut...siapa nama oknum dosen tsb(inisial)...malah menulis dosen tsb ustdaz aktivis organisasi bola dunia...semua mahasiswa tahu lambang bola dunia tsb..yh paling penting adalah..usut siapa nama dosen tsb dan mengajar apa? Biar pembaca tdk dibuat penasaran dgn tulisan yg terlalu panjang berliku liku namun tak jelas siap nama oknum pelaku tsb

    Miris ketika oknum dosen yg paham ilmu agama namun masih bisa dipermainkan oleh syeton...
    Segera bertobat..!

    BalasHapus
  47. Waspada jika bukti hasil lidik dan penyidikan tdk memenuhi unsur pidana bisa jadi pelapor akan d lapor balik dgn pidana mencemarkan nama baik. Pelajari baik baik sebelum bertindak sekedar masukkan

    BalasHapus
  48. saya siap mendukung klian, asalkan dosen it di pecat
    dosen gila

    BalasHapus
  49. Mantap HUMANIKA...


    Hal seperti ini yang patut di berantas. Tegakkan kebenaran. In Shaa Allah orang - orang yang ada di jalan yang benar selalu dalam Lindungan-Nya..Aamin Ya Rabbal Aalamin.

    BalasHapus
  50. Kemungkinan ni dose sering nonton Bokep

    BalasHapus
  51. Semangat. Saya dukung, jgn beri ruang bebas dia melakukan kejahatan pagi

    BalasHapus
  52. Mati tertindas atau bangkit unutk melawan!!!

    BalasHapus
  53. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  54. Secepatnya di tangkap oknumnya agar tidak merajarela tindakannya. Harus memiliki bukti autentik sehingga pelaku bisa di tanggkap.

    BalasHapus
  55. Dosen seperti ini tidak pantas ada di lingkungan kampus islam sangat sangat memalukan ....

    BalasHapus
  56. Apa hebatnya mahasiswa klu kalah sama dosen mesum

    BalasHapus
  57. Apakah Anda seorang pebisnis / wanita atau pegawai pemerintah dan Anda ingin mandiri secara finansial dan menumbuhkan bisnis Anda ini adalah kesempatan Anda, kami menyediakan semua jenis pinjaman baik jangka panjang maupun jangka pendek, proses kami sangat sederhana dan mudah semua orang dapat mengajukan permohonan , Anda tidak harus terus menjadi tanggung jawab keuangan kepada siapa pun, hari ini Anda dapat memutuskan untuk memiliki kebebasan finansial Anda sendiri dan kehidupan yang lebih baik untuk diri dan keluarga Anda, kami sangat bersedia memberi Anda pinjaman pilihan Anda, berapapun jumlah yang Anda butuhkan, kami akan menyediakannya untuk Anda. Jangan hanya duduk di sana menyaksikan orang lain membuat kemajuan finansial, jika Anda ingin pinjaman ditambahkan ke modal Anda atau memulai bisnis Anda sendiri, ini adalah kesempatan Anda untuk menghubungi kami hari ini



    Perusahaan: CREDIT FINANCIAL GROUP
    E-mail: (creditfinancialgroup01@gmail.com)
    Whatsapp : +447480724786
    BBM INVITES: {DDA46523}

    BalasHapus
  58. My name is SHARON LOGAN, I am from Washington, D.C. U.S.A, I want to use this media to write to people in the internet who is in need of a real loan, that if you need a loan without getting cheated apply from karina roland loan company is the right company to apply from i am a teacher i was cheated 2 time by a fake company who clam to be lenders but at end up be scammed, but now i no longer worry because karina ronad has already helped me so if you need an urgent loan to do any project or business this company is going to put a smile to your face i have also introduced most of my friends to this company and only 2 of my friends told me they have received there loans already one of my friend received a loan of $39,000.00 dollars and the other of my friend received the sum of $65,000.00 dollars so anyone in need of an online loan apply from this company and you will be rest assure, because this company is really helpful and God will continue to use them to help people in need of a loan. If you need an online loan apply from this company and contact them via this means email address karinarolandloancompany@gmail.com and also you can contact me via email sharonlogan023@gmail.com for more informatiom, thank you all.

    BalasHapus
  59. Halo semuanya
    Nama saya Josephine jumawan caballo, saya tinggal di orion bataan, phillipine. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu yang baik karina roland untuk membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya mengalami pinjaman pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa memberikan pinjaman, saya membutuhkan pinjaman selama 2 tahun yang lalu untuk memulai bisnis saya sendiri di kota orion bataan tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di dubai yang menipu saya dan tidak menawarkan saya pinjaman. dan saya sangat Frustrasted karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di dubai, karena saya berutang bank saya dan teman-teman saya dan saya tidak punya apa-apa untuk dijalankan, pada hari yang sangat setia teman saya memanggil susan Ramirez setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Ny. karina roland, jadi saya terpaksa menghubungi Susan Ramirez dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi Ny. karina roland bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya dipaksa untuk menaruh keberanian dan saya menghubungi Ny. karina roland dan saya terkejut dengan pinjaman saya yang diproses dan diteruskan dan dalam waktu 6 jam pinjaman saya ditransfer ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus memberikan informasi tentang kerja yang baik dari ibu karina roland jadi saya menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi email Mrs. karina roland: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +1 (312) 8721-592 dan saya jamin Anda akan memberikan informasi seperti yang telah saya lakukan dan Anda bisa juga hubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mrs.karina R oland email saya: (josephinejumawancaballo@gmail.com) semoga tuhan terus memberkati dan mencintai ibu karina roland 'untuk mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  60. PinoQQ
    PINOKIUKIU.NET | PINOKIUKIU.ORG | PINOQQ.ORG|
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID terbaik nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    BandarQ
    AduQ
    Capsasusun
    Domino99
    Poker
    BandarPoker
    Sakong
    Bandar66

    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA : +855 96 978 7541
    • BBM : DD02D468

    Daftar PinoQQ
    PinoQQ
    PinoQQ
    Agen BandarQ
    Kartu Online
    PinoQQ
    Judi Online
    AgenSakong
    BandarQ

    BalasHapus
  61. VAZBET - Agen Bola Piala Dunia - Agen Casino dan Poker Online Terpercaya Indonesia
    Agen Bola SBOBET | Agen Bola UBOBET | Agen Casino | Agen Tembak Ikan Terpercaya | Agen Sabung Ayam

    Tembak Ikan Online
    Agen Fafa Slot
    Agen Casino Terpercaya
    Agen Bola Piala Dunia
    Agen Poker Terpercaya
    Agen Sabung Ayam
    Agen Bandar Togel Klik 4D
    Daftar Vazbet

    BalasHapus
  62. Saya Mrs. Pertiwi Gesang dari Pangkal pinang, ini email saya jika Anda ingin menghubungi saya: pertiwigesang@gmail.com. Saya ingin membagikan kesaksian saya di platform ini tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman modal ventura sebesar Rp90.000.000 dari pemberi pinjaman yang sah karena, saya jatuh ke dalam hutang dan saya telah mencoba meminjam uang dari bank dan pemberi pinjaman online tetapi saya selalu gagal dan saya bahkan scam sampai saya melihat kesaksian ibu Ashraff Nabilah di platform ini tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari RIKA ANDERSON LOAN COMPANY. Saya menghubungi CEO, Ibu Rika Anderson, minggu lalu, saya mengajukan pinjaman dari ibu Rika dan saya terkejut, pinjaman saya disetujui dan setelah 3 jam aplikasi saya, jumlah 90 juta ditransfer ke rekening bank BCA saya. Saya ingin menyarankan semua orang untuk menemukan perusahaan pinjaman yang sah untuk menghubungi Ms. Rika Anderson, CEO RIKA ANDERSON LOAN COMPANY melalui email ini: rikaandersonloancompany@gmail.com atau W / S: 1 (914) 705-7484 dan dapatkan pinjaman.

    BalasHapus
  63. Apakah Anda memerlukan pinjaman @ 2% ??? Kami menawarkan kredit kepada perusahaan swasta dan
    individu. Untuk mengajukan, kami menawarkan pinjaman kepada orang-orang yang masuk
    butuhkan, dan pinjaman ditawarkan dalam kisaran 2.000,00 hingga
    5.000.000,00 dan jalan utama dalam mata uang apa pun - dolar AS
    , GBP, EUR, dll.

    Isi aplikasi untuk kredit dan pengembalian

    Nama: .......................
    Gender: ........
    Tanggal lahir: ...
    Status pernikahan: ...
    Pekerjaan: ... ....
    Pendapatan: .........
    Nomor telepon: ...
    Kota: ..................
    Negara: ....... .........
    Jumlah pinjaman: ...
    Durasi: ....
    Tujuan pinjaman: ...
    Email: ................... .........

    Kami yakin kami telah berhasil menjawab pertanyaan yang paling sering ditanyakan
    peminjam untuk mendapatkan kredit. Setuju dengan kebijakan di atas /
    kebijakan, diharapkan mengisi formulir di atas.
    Terima kasih atas pengertian dan untuk memilih perusahaan ini.

    Balasan mendesak PENTING

    Salam pembuka
    peterjohnson
    peterjohnson6977@gmail.com

    BalasHapus
  64. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pinjaman peminjam di internet dari NIGERIA dan lainnya bagian dari AFRIKA,

    Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman online tetapi saya menipu dan kehilangan Rp18,7 juta, untuk seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Ny Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang Access Loan Firm, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari LADY ESTHER, jadi I Screams menuangkan dan menghubungi LADY ESTHER. via email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp200 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk transfer pinjaman, saya diperintahkan untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit I dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp200 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman awal saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER dengan baik melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus
  65. Kami menawarkan berbagai layanan keuangan yang meliputi: Perencanaan Bisnis, Komersial dan Pengembangan Keuangan, Properti dan Hipotek, Pinjaman Konsolidasi Utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Swasta, Pinjaman Pembiayaan Rumah dengan suku bunga rendah per tahun untuk perorangan, perusahaan dan badan hukum. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga Anda dan miliki rumah impian Anda juga dengan skema Pinjaman Umum kami. Pelamar yang tertarik harus Hubungi kami melalui BBM INVITE: {D8980E0B}
    Hanya WhatsApp: (+ 44) 7480 729811
    Tel .... (+ 44) 7480 729811
    Email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    BalasHapus
  66. admin numpang promo ya.. :)
    cuma di sini tempat judi online yang aman dan terpecaya di indoneisa
    banyak kejutan menanti, fans | WA +855 9631562

    BalasHapus
  67. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga dari seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaan baiknya dalam kehidupan dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus
  68. Salam kepada semua orang Indonesia dan semua ASIA, nama saya Pak Yohanes Hendra, tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini agar semua orang Indonesia sangat berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah telah benar-benar mendukung saya melalui ibu yang baik, Ny. Helen Wilson

     Setelah beberapa periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan lebih dari 7,5 juta Rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda setelah membayar beberapa biaya dan tidak mendapatkan pinjaman.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Helen Wilson, pemberi pinjaman di perusahaan, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari ibu Helen, jadi saya mengumpulkan keberanian dan hubungi Ibu Helen.

    Saya mengajukan pinjaman 650 juta Rupiah dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan dengan transfer kredit, karena itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer saya adalah hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 650 juta. Saya sangat senang bahwa Allah akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya.

    Mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda.

    Semoga ALLAH memberkati Ny. Helen Wilson untuk membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ny. Helen melalui email: (helenwilson719@gmail.com) untuk pinjaman Anda

    Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai hasrat egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, mohon berhati-hati terhadap orang-orang ini.

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Allah akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Sekali lagi nama saya Yohanes, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (hendrayohanes577@gmail.com)

    BalasHapus
  69. Halo,
    Apakah Anda mencari pinjaman asli? Apakah Anda memerlukan uang mendesak untuk penggunaan pribadi, apakah Anda berhutang dan membutuhkan uang untuk melunasi tagihan Anda, apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis baru atau meningkatkan bisnis Anda? apakah Anda memerlukan pinjaman untuk membeli mobil atau rumah? apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai di ujung jari Anda karena dana yang tidak memadai? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan layanan modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda pernah ditipu sebelumnya dan masih butuh uang? Apakah Anda memerlukan pinjaman investasi untuk berinvestasi di bidang spesialisasi tertentu. Cari lagi, Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam jumlah berapa pun kepada perusahaan dan perorangan dengan tingkat bunga 2% rendah dan terjangkau. Modal dan proses pinjaman kami aman, asli, dan 100% dijamin dan dijamin. Tertarik, hubungi saya sekarang melalui email; (marielagonzalezloan@gmail.com)

    BalasHapus
  70. PERUSAHAAN PINJAMAN BARDAH ABDULAALEE

    Kami menawarkan berbagai layanan keuangan yang meliputi: Perencanaan Bisnis, Keuangan Komersial dan Pengembangan, Properti dan Hipotek, Pinjaman Konsolidasi Utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Privat, Pinjaman Refinancing Rumah dengan suku bunga rendah per tahun untuk perorangan, perusahaan dan badan hukum di ABDULAALEE PERUSAHAAN PINJAMAN BARAKAH. Apakah Anda memerlukan pinjaman yang sah, jujur, bereputasi, dan perlu? Pencarian Anda untuk pinjaman legal berakhir di sini hari ini karena kami di sini untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda. Tentang masalah keuangan Anda, kami adalah solusi untuk masalah keuangan Anda. Kami telah menawarkan miliaran (mata uang berbeda) ke banyak bisnis, kami juga menawarkan pinjaman kepada lebih dari 48.000 pemilik bisnis di seluruh dunia. Kami menawarkan pinjaman dalam segala jenis dengan suku bunga rendah 1,5% hingga 2% dan juga durasi pembayaran pinjaman adalah 1 hingga 25 tahun, Apakah Anda memiliki utang macet? Apakah Anda memerlukan uang untuk membayar faktur? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai karena pendanaan yang buruk? ABDULAALEE BARANAH LOAN COMPANY dirancang untuk memberikan layanan keuangan profesional yang sangat baik.

    Layanan email: abdulaaleebarakah.loanfirm@gmail.com
    vai whatapp; + 1-3163-202595

    BalasHapus
  71. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus
  72. Halo,
    nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang karena hutang.

    Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat dapat diandalkan yaitu Bunda Alicia Radu yang mendapatkan pinjaman saya dari 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa tekanan dan tekanan suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan sehingga saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Bunda Alicia Radu

    Saya ingin Anda mempercayai Bunda Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam hidup saya dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.

    BalasHapus
  73. Good Day Sir/Madam: Do you need an urgent loan to finance your business or in any purpose? We are certified and legitimate and international licensed loan lender we offer loans to Business firms. Individuals, companies firms, corporate bodies at an affordable interest rate of 3%. It might be a short or long term loan or even if you have poor credit. We shall process your loan as soon as we receive your application. We are an independent financial institution. We have built up an excellent reputation over the years in providing various types of loans to thousands of our customers. We offer Educational loan, Business loan, home loan, Agricultural loan, Personal loan, Auto loan with either a good or bad credit history. If you are interested in our above loan offer you are advice to fill the below information and return to us for more details. You can contact us with this email standardonlineinvestment@gmail.com we shall respond to you as soon as we receive your loan application details below.

    First name:
    Middle name:
    Date of birth (yyyy-mm-dd):
    Gender:
    Marital status:
    Total Amount Needed:
    Time Duration:
    Address:
    Currency Needed
    City:
    State/province:
    Zip/postal code:
    Country:
    Phone:
    Mobile/cellular:
    Monthly Income:
    Occupation:
    Which sites did you know about us.....
    standardonlineinvestment@gmail.com for immediate attention. Contact
    us now and get an urgent loan within two (2) days!!!
    Regards,
    Mr Abdul Muqse

    BalasHapus
  74. Sungguh menakjubkan ketika saya berpikir bahwa semuanya selesai dengan saya, nama saya Susan Garcia, dari phillipine, Mrs. KARINA ROLAND datang untuk menyelamatkan saya hidup saya. Saya sangat berhutang budi kepada orang-orang yang saya pinjam dari geng melawan saya dan kemudian menangkap saya sebagai hasil dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan masa tenggang diberikan kepada saya ketika saya dipulangkan dan dilepaskan untuk pergi dan menghasilkan uang untuk melunasi semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada pemberi pinjaman yang sah secara online sehingga saya harus mencari melalui blog yang pernah saya curang tetapi ketika saya menemukan PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND, Tuhan mengarahkan saya ke iklannya di sebuah blog karena ketertarikan saya pada itu benar-benar sebuah mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak penderitaan sehingga ia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya mengajukan permohonan dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam 24 jam saya dikreditkan dengan jumlah persis yang saya maksudkan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Pinjaman Pribadi saat saya berbicara dengan Anda sekarang saya bisa bersihkan semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak perlu bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan, apa pun keputusan saya tidak ada urusan dengan Polisi, saya sekarang seorang wanita yang mandiri. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya, silakan hubungi Ibu melalui email perusahaan: (karinarolandloancompany@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan kenyataan bahwa dalam dunia yang penuh kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi perputaran keuangan dalam hidup Anda dengan satu cara atau lainnya, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi. KARINA ROLAND LOAN COMPANY di alamat di atas sehingga Anda dapat mengatasi krisis keuangan dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya melalui email berikut ini: (garciasusan113@gmail.com)

    BalasHapus
  75. Halo orang-orang baik saya di Asia, semoga ALLAH dipuji, nama saya Mahmud Simon, warga negara INDONESIA tetapi saya tinggal di sini di MALAYSIA; Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda semua tentang kebaikan Tuhan yang akhirnya membawa saya pada pemberi pinjaman yang baik ini melalui Ny. Nurliana Novi, pemberi pinjaman pinjaman yang sangat asli bernama Elina Johnson, direktur ELINA JOHNSON LOAN FIRM, setelah saya ditipu oleh pemberi pinjaman palsu, saya bangkrut, putus asa dan tidak tahu harus berbuat apa dan siapa yang harus percaya, kemudian dia datang dan tersenyum lebar di wajah saya dalam kejutan terbesar saya. Saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai,

    Sekali lagi setelah saya mendapat pinjaman darinya saya berinvestasi dalam bisnis dan saya melihat bahwa saya membutuhkan lebih banyak, saya terkejut ketika ibu memberi saya pinjaman lain selain pinjaman sebelumnya, orang-orang baik saya telah melihatnya dan saya adalah bagian dari pengalaman, hari ini hidupku mendapat giliran baru terima kasih kepada ibu Elina, ya kamu mungkin takut karena kesaksian palsu yang kamu dengar tapi aku saksi dan jika aku berbohong mungkin ALLAH mengambil nyawaku, orang-orangku di sana jika kamu mau pinjaman murni dia adalah satu-satunya yang dapat Anda percayai,

    Nyonya Elina Johnson dari ELINA JOHNSON LOAN FIRM cukup hubungi dia hari ini melalui email: elinajohnson22@gmail.com »untuk info lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk panduan lebih lanjut; mahmudsimon2@gmail.com, dan saran tentang cara mengajukan pinjaman dari Ny. Nurliana Novi di nurliananovi96@gmail.com. Saya menunggu untuk mendengar kabar baik Anda sendiri, Terima kasih semua dan semoga ALLAH dipuji.

    BalasHapus

Posting Komentar